وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُوْنَ اِلىَ الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ اْلمُنْكَرِوَأُولَئِكَ هُمُ اْلمُفْلِحُوْنَ
MEMBINA DAN MENGADAKAN KADER-KADER KATIB DAN DAKWAH
KEPADA SEGENAP KHATIB DAN PENGURUS MASJID DIHARAPKAN KEHADIRANNYA SETIAP HARI JUM'AT PAGI JAM 07.00 S/D 09.00 WIB UNTUK MENGIKUTI KAJIAN KITAB ALHIKAM DAN MINHAJUL MUSLIM YANG DILANJUTKAN DENGAN SARAPAN PAGI BERSAMA DI MASJID JAMI' NURUL ISLAM JL.CIPEUCANG II KOJA JAKARTA UTARA

Sabtu, 16 Januari 2010

SEJARAH DAN URGENSI BP.KHUTOBA JAKARTA UTARA

Keberadaan Badan Pembina Khutoba (BP.Khutoba) Jakarta Utara merupakan salah satu Lembaga Dakwah Islam. Berdiri pada tahun 1969.Lembaga ini didirikan atas dasar kesepakatan bersama ormas-ormas Islam pada saat itu seperti NU, MUHAMMADIAH dan lainnya yang difasilitasi oleh unsur Pemerintah seperti Walikotamadya Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara dan Kodim 0502 Jakarta Utara . Pada tahun itu pula diadakan pendidikan kader Muballig/Khatib yang diadakan di masjid Al-Husna Tg.Priok Jakarta Utara dan bersekretariat di masjid tersebut kurang lebih selama satu tahun. Karena kurang mendapatkan perhatian yang maksimal dari masjid Al-Husna maka kegiatan BP.Khutoba Jakarta Utara dipindahkan ke Musholla Darul Hikmah di wilayah Kebon Bawang kurang lebih satu tahun BP.Khutoba Jakarta Utara di tempat tersebut lalu dipindahkan lagi ke masjid jami' Al-Fudhola.

Dalam naungan masjid Al-Fudhola inilah BP.Khutoba Jakarta Utara Mengalami kemajuan yang sangan pesat hingga mampu merekrut 144 Khatib dan 124 Masjid pada tahun 1976 dengan mengadakan diklat dan pelatihan-pelatihan kader muballigh atau kader-kader khatib. Dari sanilah banyak Ulama-ulama besar ikut berkecimpung di dalanya seperti Habib Syekh Al-Jufri, KH.Syukron Ma'mun KH.Zainudin MZ dan banyak lagi yang lainnya dan juga banyak mengantarkan para anggotanya ke dalam struktur dan lembaga yang bertaraf nasional bahkan internasional diantara adalah KH.Ma’ruf Amin (Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat), KH.Tajudin Hasan dan masih banyak yang lainnya.
Lembaga ini merupakan satu jawaban dari adanya kebutuhan dan ketertersedianya tenaga Khatib dan Dai yang memenuhi sarat dan professional saat itu untuk memberikan dakwah dan nasehat keagamaan di masjid-masjid yang sangat membutuhkan di wilayah Jakarta Utara. Dalam usianya yang sudah cukup lama tersebut BP.Khutoba Jakarta Utara telah banyak mengantarkan para Khatib dan Da’i anggotanya Dalam perjalanannya lembaga ini membiayai kegiatannya secara swadaya yang berasal dari sumbangan suka rela para Khatib dan Da’i anggotanya yang tidak mengikat dan tidak menggantungkan diri kepada bantuan Pemerintah maupun yang lainnya hingga saat ini. Dalam perkembangannya lembaga ini memiliki 200 lebih anggota Khatib dan Da’i se-Jabodetabek dan 160 lebih masjid di wilayah DKI Jakarta yang menjadi anggota tetap BP.Khutoba Jakarta Utara serta telah berhasil mendidik dan membina ratusan khatib dalam kegiatan diklat-dikalat yang diadakannya. Dalam kiprahnya hingga saat ini BP.Khutoba Jakarta Utara merupakan :

1. Wadah organisasi dan komunikasi bagi para Khatib, Da’i dan Pengurus Masjid
2. Sebagai wadah untuk membina para Khatib, Da’i dan Pengurus Masjid
3. Sebagai salah satu pusat penjadwalan khatib Jum’at dan kegiatan dakwah para Khatib dan Da’i di masjid-masjid anggota BP.Khutoba Jakarta Utara dan lainnya.
4. Mengadakan pendidikan dan latihan kepada kader-kader khatib dan dakwah
5. Sebagai Mitra Pemerintah dalam pembangunan mental spiritual.

Dengan kelima hal tersebut di atas hingga kini keberadaan dan segala aktifitas BP.Khutoba Jakarta Utara terus berjalan secara terprogram dan nyata sehingga menjadi sangat terasa dan penting keberadaannya di tengah-tengah masarakat.(A.Muntaha.HR.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar